Home / Uncategorized / Pengertian Ilmu & Teknologi

Pengertian Ilmu & Teknologi

Memahami perkembangan IPTEK tidak bisa dilepaskan dari usaha manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan sebelum pengertian IPTEK itu dijabarkan. Ilmu pengetahuan dan teknologi sudah terus maju bahkan bisa dirasakan di berbagai sektor penting hingga sekarang.

Munculnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi bukti bahwa umat manusia ingin maju. Mereka butuh sesuatu yang baru dan bisa memudahkan kehidupan mereka di masa depan. Itulah kenapa perkembangan iptek adalah salah satu indikator kemajuan bangsa.

Pengertian IPTEK

Ilmu pengetahuan dan teknologi atau iptek adalah sumber dari sesuatu yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sumber ini terdiri dari berbagai jenis ilmu yang bermanfaat. Selanjutnya ilmu ini juga berhubungan dengan teknologi yang dikembangkan.

Sederhananya ilmu pengetahuan dan teknologi saling berhubungan satu dengan yang lain. Tanpa ilmu pengetahuan suatu teknologi tidak akan bisa dikembangkan menjadi lebih maju. Selain itu teknologi juga bisa digunakan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan baru.

Jadi jika ilmu pengetahuan dan teknologi dikembangkan secara bersama-sama. Kemajuan dunia bisa berjalan dengan cepat. Bahkan berbagai jenis sektor yang awalnya dijalankan secara manual bisa menjadi otomatis. Selain itu berbagai hal yang menyelamatkan kehidupan manusia juga bisa dilakukan.

Tanpa ilmu pengetahuan dan teknologi manusia tidak akan bisa menjalankan dengan baik. Bahkan mereka akan menemui banyak sekali kesulitan dalam hidupnya sehingga harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan atau memenuhi kebutuhan hidup.

Contoh Penggunaan IPTEK

Pengertian IPTEK

Ada banyak sekali contoh penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini. Sebagian besar yang ada di sekitar kita adalah wujud dari cek yang terus berkembang dan dimanfaatkan dengan baik.

Pengembangan vaksin yang dilakukan saat ada penyakit baru dan wabah. Iptek digunakan untuk membuat ini sehingga masyarakat di seluruh dunia bisa lebih kebal dan memiliki antibodi terhadap penyakit tertentu, termasuk Covid-19.

Munculnya teknologi internet mulai dari internet yang ada pada ponsel hingga internet Wifi. Hadirnya teknologi ini membuat kamu lebih mudah dalam mengakses berbagai jenis informasi.

Berbagai jenis peralatan elektronik yang digunakan saat ini adalah wujud dari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ponsel hingga laptop yang digunakan terus dikembangkan sehingga membantu kehidupan manusia.

Munculnya televisi dan media komunikasi lain termasuk radio.

Berbagai teknologi di bidang kesehatan seperti CT scan hingga berbagai teknologi lain yang akan menyelamatkan kehidupan manusia di masa depan.

Pesawat terbang dan berbagai jenis alat transportasi lain juga merupakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pengembangan berbagai jenis obat yang digunakan untuk mengobati penyakit berbahaya dan juga penyakit ringan.

Teknologi di bidang pertambangan juga merupakan hasil dari IPTEK yang akan membantu pengolahan dan mengurangi terjadinya kecelakaan dalam kerja.

Pabrik pengolahan pangan dan berbagai jenis produk konsumsi juga dihasilkan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Manfaat IPTEK

Memahami pengertian IPTEK tidak akan cukup sebelum mengetahui apa saja manfaat yang didapatkan. Secara umum berikut beberapa manfaat dari IPTEK yang akan didapatkan oleh umat manusia.

  1. Memudahkan manusia melakukan banyak hal

Salah satu manfaat dari ilmu pengetahuan adalah mempermudah kehidupan manusia. Masa lalu saat akan berpindah dari satu tempat ke tempat lain manusia harus berjalan kaki hingga berhari-hari atau berbulan-bulan. Bahkan meski menggunakan hewan sekalipun tetap berjalan cukup lama.

Akhirnya ditemukanlah berbagai jenis kendaraan sederhana. Dari sini perjalanan menjadi lebih mudah dan juga cepat. Apalagi jika harus melakukan penjelajahan dengan menyeberangi samudra.

Hadirnya teknologi membuat perjalanan ini menjadi lebih cepat seperti munculnya kendaraan roda dua atau empat. Selain itu munculnya kereta api pesawat dan juga kapal laut juga mempermudah perjalanan.

  1. Mengurangi risiko

Berbagai pekerjaan yang dilakukan oleh manusia memiliki risiko yang cukup besar. Salah satunya adalah pekerjaan di bidang pertambangan atau pekerjaan lain yang bisa menyebabkan kecelakaan. Hal ini bisa memicu terjadinya kematian jika tidak diperhatikan dengan baik.

Berbagai jenis teknologi baru dikembangkan untuk mengurangi risiko tersebut. Jadi, orang yang bekerja di bidang itu semisal pertambangan ataupun di bidang konstruksi bisa melakukan aktivitasnya dengan lebih tenang.

  1. Menyelamatkan kehidupan manusia

 

Kehidupan manusia juga bisa diselamatkan dengan hadirnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa pengetahuan dan teknologi itu tidak akan bisa terjadi sehingga berbagai jenis kematian bisa terjadi dengan mudah. Bahkan penyakit sederhana sekalipun bisa menyebabkan wabah yang sangat hebat.

Berbagai hal yang berhubungan dengan menyelamatkan kehidupan manusia tersebar di berbagai sektor. Di bidang kesehatan pengembangan obat-obatan yang dilakukan. Selain itu ada juga pengembangan berbagai jenis pengobatan serta pembuatan vaksin untuk penyakit tertentu.

Selain itu ada juga pengembangan berbagai jenis alat yang bisa dipakai untuk menyelamatkan kehidupan. Bisa berbagai jenis alat yang digunakan untuk operasi hingga alat yang digunakan untuk kemoterapi hingga hemodialisis.

  1. Memaksimalkan pekerjaan yang dilakukan

Selanjutnya perkembangan teknologi juga bisa digunakan untuk memaksimalkan berbagai jenis pekerjaan. Misal suatu pekerjaan bisa dilakukan dalam 10 hari. Apabila menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi pekerjaan yang perlu dikerjakan selama satu atau dua hari saja.

  1. Menghapus berbagai jenis batas atau limit

Selanjutnya ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK digunakan untuk menembus berbagai jenis batas atau limit. Apabila di masa lalu komunikasi yang bisa dilakukan jika bertemu atau mengirim surat dan membutuhkan waktu lama. Saat ini hanya perlu menggunakan teknologi dan pesan bisa terkirim dengan cepat.

Selain itu juga berbagai jenis transaksi baik itu perbankan atau pemberian juga tidak dibatasi oleh waktu. Sebagian besar bisa dilakukan kapanpun sehingga penjualan ataupun transaksi bisa meningkat setiap harinya.

Dampak Negatif IPTEK

Meski memiliki banyak sekali manfaat, ternyata perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan juga memiliki beberapa dampak negatif yang sering sekali tidak bisa diabaikan. Berikut beberapa dampak negatif yang terjadi:

hadirnya teknologi dalam bidang persenjataan yang seringkali disalahgunakan. Misal senjata digunakan untuk berperang ataupun melakukan berbagai aksi kriminal.

Berbagai teknologi khususnya di bidang kedokteran yang dianggap melanggar norma dan juga agama.

Teknologi komunikasi seperti internet memiliki juga dampak negatif salah satunya munculnya berbagai jenis penipuan konten pornografi.

Teknologi dalam bidang coding juga bisa digunakan untuk melakukan tindak kriminal seperti melakukan pembobolan.

Teknologi dalam bidang pertambangan juga bisa memberikan dampak negatif seperti munculnya berbagai jenis pencemaran baik itu di darat atau di daratan.

 

Setelah memahami tentang pengertian IPTEK hingga jenis serta manfaatnya. Kamu bisa memahami seperti apa penggunaan IPTEK khususnya di bidang komputer dan juga internet. Teknologi kategori ini terus dikembangkan bahkan sudah sampai ke orang yang ada di pedalaman.

Semacam apapun ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan hingga saat ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh umat manusia. Hal itu adalah keinginan untuk menggunakan IPTEK untuk kebaikan. Selain itu tidak menggunakan IPTEK untuk sesuatu yang melanggar.

About Daeng SwaraPendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Holda Harapkan Partai Nasdem Mengusungnya di Pilgub Sumsel 2024

Palembang– Bakal Calon Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Hj Holda Msi ...

https://swarapendidikan.or.id/