Home / SMK / Contoh Website Sekolah yang Bisa Jadi Inspirasi

Contoh Website Sekolah yang Bisa Jadi Inspirasi

Website telah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap sekolah terutama pada era digital seperti sekarang ini.

Pasalnya, semua informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh melalui website sekolah.

Namun, terkadang website kurang begitu menarik perhatian pengunjungnya karena mungkin performanya tidak optimal, atau bisa juga karena tampilannya terlalu membosankan dan navigasinya cukup kompleks.

Bila Anda merasakan hal ini, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat untuk merombak website sekolah dari segi visual agar terlihat lebih menarik.

Dengan demikian, siapa saja yang berkunjung ke website sekolah Anda lebih betah.

Nah, untuk memberikan referensi desain website sekolah yang menarik, Anda bisa melihat contoh website sekolah yang akan kami ulas melalui artikel ini.

Jadi, pastikan Anda menyimak ini sampai akhir, ya!

Manfaat Memiliki Website Sekolah

1. Media Informasi dan Komunikasi
Di era teknologi seperti sekarang ini, komunikasi bisa dilakukan dengan lebih cepat sehingga informasi bisa diterima dengan mudah.

Dengan kondisi ratusan siswa dan para orang tua yang tersebar di berbagai daerah, maka website bisa sangat bermanfaat untuk membantu update informasi atas berbagai kebijakan sekolah. Sehingga kasus seperti miskomunikasi bisa dihindari.

2. Sarana Belajar Online (E-Learning)
Saat ini tren belajar online atau e-learning semakin populer berkat adanya kebijakan sekolah daring akibat pandemi virus Corona Covid-19.

Bagi sekolah yang sudah memiliki website, hal ini tentu semakin mudah dilakukan karena guru bisa memberikan pengumuman tugas atau bahkan pelajaran melalui website sekolah.

Anda bisa menggunakan layanan Server Sekolah dari Qwords.com untuk membangun infrastruktur dan ekosistem pembelajaran online yang lebih stabil dan optimal.

3. Sarana Branding Sekolah
Branding merupakan faktor penting yang diperlukan agar sekolah tetap eksis dan mendapatkan citra baik di masyarakat. Dengan menggunakan website sekolah, Anda bisa meningkatkan citra sekolah dengan hal-hal positif, mulai dari daftar prestasi, sistem pembelajaran yang sudah menggunakan teknologi informasi, hingga visi-misi sekolah yang terkadang justru belum terlalu banyak terdengar.

Fitur-Fitur Website Sekolah

Kesan formal dan profesional sangat terasa pada website sekolah. Hal itu tidak lepas dari beberapa fitur pendukung yang ada pada website sekolah.

Apa saja?

1. Profil Sekolah
Halaman profil sekolah menjadi fitur paling penting karena biasanya diakses oleh calon siswa atau wali murid yang tertarik dengan sekolah.

Dari laman profil ini, sekolahan terkait dapat mencantumkan sejarah, visi, misi, hingga riwayat prestasi atau alimni yang sukses meniti karier.

Dengan demikian, pengunjung akan menaruh kepercayaan yang kuat untuk karena sudah mengetahui buktinya secara langsung.

2. Elearning / Member Area
Setiap website sekolah biasanya memiliki halaman member area yang menjadi forum tempat berkumpul dan belajar. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan tugas secara online, kemudian siswa tinggal mensubmit hasil pengerjaan secara langsung melalui member area.

3. Storage Online
Storage online merupakan fitur pelengkap dari halaman member area. Dengan adanya fitur ini, maka guru bisa mengunggah tugas, file presentasi, hingga jurnal elektronik sebagai materi pembelajaran.

Selain itu, para siswa juga dapat mengumpulkan tugasnya pada storage online ini ketika mendapatkan tugas berbasis online.

4. Galeri Multimedia
Sesuai namanya, galeri memuat semua kegiatan yang berkaitan dengan sekolah, baik itu kejuaraan antarsekolah, classmeeting, atau acara pada tiap-tiap ekstrakurikuler.

Agar lebih menarik, tambahkan takarir (caption) untuk memberikan keterangan kepada pengunjung.

5. Buku Tamu Online
Fitur buku tamu online wajib dimiliki oleh setiap website sekolah.

Pasalnya, fitur ini bisa dimanfaatkan publik untuk bertanya secara online dan mengatur jadwal kunjungan tanpa harus datang ke sekolah.

6. Database Guru
Fitur database guru bisa sangat membantu bagi calon siswa maupun wali murid yang ingin mengenal para pengajar secara lebih dalam dan lengkap.

Hal ini pun akhirnya dapat memantik rasa hormat dari murid terhadap para pengajar meski tidak bertemu secara langsung di ruang kelas.

7. Blog
Blog bisa menjadi wadah untuk menampilkan informasi dalam bentuk teks, gambar, maupun video. Keberadaan artikel informatif juga akan membantu website sekolah agar semakin bersaing di mata Google. Konten blog pada website sekolah bisa berupa materi pembelajaran atau konten informatif lainnya.

Pada akhirnya, bila blog mendapatkan banyak kunjungan, secara tidak langsung brand awareness website dan sekolah Anda semakin meningkat.

8. Halaman Event
Halaman ini biasanya akan memuat rangkaian jadwal acara yang akan diselenggarakan atau yang melibatkan sekolahan terkait.

Dengan demikia, pengunjung dapat mengetahui keaktifan sebuah sekolah dalam mengikuti kegiatan.

9. Alamat Sekolah
Anda bisa menampilkan alamat sekolah dalam bentuk teks maupun embed dari Google Maps.

Menambahkan alamat sekolah ke dalam website juga sebagai upaya untuk meningkatkan kredibilitas sekolah di mata pengunjung.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan cabang sekolah di kota yang lain (bila ada).

Contoh Website Sekolah Berbasis WordPress

Kami telah merangkum beberapa contoh website sekolah yang menggunakan CMS WordPress dari berbagai kota.

Simak, yuk!

  1. SD Muhammadiyah 1 Krian

Contoh website sekolah berbasis WordPress bisa dilihat pada situs SD Muhammadiyah 1 Krian.

Seperti halnya web sekolah pada umumnya, terdapat fitur slider berukuran besar di homepage, kemudian dilengkapi juga dengan sejumlah menu informatif guna menunjang kebutuhan pengunjung.

Fitur menarik yang ada pada website SD ini adalah dengan tersedianya laman pendaftaran calon siswa baru bernama PPDB.

Bisa dibilang, website ini menjadi all-in-one solution bagi masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya tanpa ribet.

  1. SMK Negeri 1 Cimahi

Website sekolah SMK Negeri 1 Cimahi juga dibangun menggunakan Content Management System WordPress.

Dari halaman depan, tampak kombinasi antara menu dan slider hero yang menonjolkan berbagai aktivitas sekolah.

Nuansa dari perpaduan warna biru dongker, putih, dan oranye juga terasa sangat pas ketika dipadukan dengan logo sekolah.

  1. SMP–SMA Luqman Al-Hakim

Website ini membawa kesan sekolah yang menjunjung pendidikan berbasis islam dengan modern.

Guna memberikan informasi kepada para peserta didik, website ini juga sudah memiliki blog, profil sekolah, sejarah, event, hingga fasilitas form pendaftaran online.

  1. SMP-SMA Al Izzah

SMP-SMA Al Izzah merupakan boarding school islami bertaraf internasional yang tergolong favorit.

Dari segi tampilan, pihak pengelola memanfaatkan website sekolah untuk memudahkan proses distribusi informasi kepada siswa, wali murid, dan juga masyarakat.

Anda juga bisa mendaftarkan calon peserta didik melalaui website sekolah secara langsung.

  1. Sekolah Ciputra Surabaya

Satu lagi website sekolah yang dibuat sangat menarik dan sedap dipandang adalah situs milik Sekolah Ciputra Surabaya.

Meski dibangun menggunakan platform WordPress, desain website begitu apik serta user friendly.

Ini membuktikan bahwa website sekolah yang profesional tidak harus mahal, lho.

Contoh Website Sekolah Modern

Berikut ini merupakan beberapa contoh website sekolah terbaik yang sudah memiliki desain modern, kekinian, serta responsif ketika diakses menggunakan berbagai tipe perangkat.

  1. SMA Negeri 1 Yogyakarta

SMA Teladan ini memiliki website dengan tampilan modern, interaktif, serta responsif.

Pada halaman depan (homepage), Anda akan disuguhkan slider Hero serta kolom pencarian yang sekilas mirip dengan halaman Google.

Soal fitur, website sekolah yang satu ini juga sudah lumayan lengkap. Mulai dari halaman berita, kolom ekstrakurikuler, profil pendidik, ringkasan prestasi, hingga profil alumni, semua sudah bisa diakses secara rinci.

  1. SMA Negeri 2 Kebumen
    Website sekolah dari SMA Negeri 2 Kebumen tampak sudah menggunakan CMS mandiri bernama SMITC yang berbasis pada framework Codeigniter 3.1.1.

Secara umum, tampilan website ini cukup informatif dan nyaman dipandang.

Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh aliran flat desain yang mendominasi elemen visual grafis, mulai dari halaman depan hingga single page.

  1. Fatih Bilingual School
    Sekolah yang berada di Banda Aceh ini terlihat cukup serius dalam mengembangkan website.

Meski namanya belum terlalu populer dan masih beroperasi secara lokal, tetapi dari segi user interface website ini sudah lumayan menjanjikan.

Terlihat website dibangun menggunakan platform WordPress yang ditopang dengan berbagai plugin tambahan untuk memaksimalkan SEO, tampilan, dan juga akses kecepatan.

About Daeng SwaraPendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mengenal SMK Pusat Keunggulan, Program Unggulan Ditjen Pendidikan Vokasi

Apa itu SMK Pusat Keunggulan? Berikut penjelasan lengkapnya untukmu! Daftar ...

https://swarapendidikan.or.id/